Cara Menghemat Baterai Android

25 Maret, 2012

Cara Menghemat Baterai Android


keberadaan HP yang memakai OS Android sedang ngetren-ngetrennya didunia ini entah itu samsung, nokia, dll. tetapi apakah anda pernah berpikir cara menghemat baterai dari android itu sendiri? jangan khawatir kali ini saya akan kasih sedikit cara untuk menghemat baterai Android bagi yang menggunakan Android itu sendiri bagi yang tidak gak usah berkecil hati.

Baik langsung saja saya kasih tahu caranya menghemat baterai android anda
  1. Atur Tingkat Kecerahan Layar
    Layar merupakan sumber utama cepatnya baterai habis, terutama jika Anda menggunakan tingkat kecerahan paling tinggi. Caranya yaitu Masuk ke menu->Setting->Sound & Display->Brightness, geser slider hingga ke tingkat terendah. Walau tingkat kecerahan digeser habis, tampilan layar masih jelas dilihat selama masih didalam ruangan tentunnya. 
  2. Jangan terlalu banyak menggunakan Widget
    Widget memang sangat penting karena dengan widget anda dapat mengetahui informasi secara realtime tanpa harus mengakses aplikasinya melalui menu drawer, misalkan widget facebook dan teitter, kita akan selalu mengetahui update setiap saat tanpa mengakses dari menu drawer. Tetapi masalahnya bila anda terlalu banyak menaruh widget pada layar utama, 
  3. Jangan Online setiap saat 
    Aktifitas online jelas memerlukan adanya pertukaran data, apalagi yang membutuhkan fungsi tersebut secara konstan seperti Sync ke Gmail. Hal ini juga memberikan masalah lain yaitu cepat berkurangnya pulsa dan baterai karena proses tersebut. Jika anda tidak perlu fasilitas push mail atau update berita twitter setiap saat, matikan saja koneksi internet. Caranya yaitu Masuk ke menu Setting->Wireless & network->Mobile Network, dan hilangkan centang pada opsi “Enable always-on mobile”, Bila anda males melakukannya via menu Setting, Instal saja aplikasi APNdroid.
  4. Install Aplikasi Penghemat Baterai
    Berbagai macam aplikasi penghemat baterai pada android market yang bisa anda download. Salah satunya adalah Juice Defender, Aplikasi ini memiliki berbagai macam pengaturan yang dapat membuat baterai smartphone anda menjadi lebih hemat.
  5. Pastikan Sinyal Jaringan Stabil
    Sinyal jaringan 3G yang naik turun jelas berpengaruh pada tahan baterai ketimbang sinyal EDGE (2G) yang konstan. Memang keduannya memiliki kecepatan transfer data yang berbeda jauh, tetapi perhatikan sinyal didaerah anda berada. Jika sinyal EDGE stabil dan 3G tidak, sebaiknya pastikan handphone anda berjalan pada EDGE saja. Masuk ke Menu>Wireless & Network>Mobile networks>centang opsi ‘Use only 2G networks.’ Jika yakin sinyal 3G daerah Anda berada sudah stabil, tinggal dihilangkan centang di pengaturan di atas.
    SUMBER

1 komentar :

Kritik semau anda, mohon gunakan tutur kata yang baik dan benar. Terima kasih.