9 Tanaman Langka DiDunia

19 Juli, 2011

9 Tanaman Langka DiDunia


 1.Youtan Polue

Sekitar 38 bagian mungil berukuran 1mm dari bunga ini ditemukan petani di China -Mr. Ding- tumbuh di permukaan pipa besi. Menurut para ahli botani, bunga ini mekar sekali dalam waktu 3000 tahun.

 2. Nephentes Tenax

Dari semua spesies tumbuhan pemakan serangga, tumbuhan Nephentes Tenax ditemukan di bagian utara Queensland, Australia. Tanaman ini bisa mencapai ukuran 100 cm dengan panjang rambatan hingga 25 cm. Ukuran ini dianggap luar biasa karena pada umumnya spesies laen hanya tumbuh sekitar 15 cm saja. Para ahli percaya bahwa tumbuhan ini bisa memakan tikus kecil, kadal bahkan burung. Para ahli memprediksi tanaman ini dapat mencapai harga ratusan US dolar di pasar gelap.

 3. Bunga Kadupul

Kadupul, sang bunga legendaris yang dipercaya merupakan persembahan naga dari surga untuk para dewa. kadupul memancarkan keharumannya saat mekar di malam hari, kemudian layu saat fajar tiba. Melihat kadupul saat mekar merupakan pengalaman yang sangat langka, bahkan untuk warga Srilanka yang merupakan daerah tempat bunga ini tumbuh, juga merupakan hal yang langka.

 4. Drosera Capensis (Sundew Cape)

Merupakan tanaman asli di daerah Afrika Selatan dan dibudidayakan karena kemampuan insektisidanya, Sundew memiliki tentakel tentakel seperti tali dan berwarna menarik yang bisa mencapai panjang 15 cm dan lebar 1 cm. Tentakel ini dapat mengeluarkan zat lengket yang dapat menangkap serangga atau hewan kecil lainnya.
Setelah melacak mangsanya, tentakel ini melakukan mekanisme predator yang disebut thigmotropism, untuk menjebak mangsanya. Kemudian menggunakan kelenjar pencernaan untuk mencerna mangsanya.
Sundew dianggap langka karena terancam peningkatan suhu serta kawasan yang terbatas untuk habitat mereka.

 5.Devil’s Claw (Cakar setan)

Adalah jenis tumbuhan perangkap yang bisa melekat ke pakaian Anda ketika Anda berjalan melalui lapangan, meskipun kecil tetap terlihat mengganggu, karen terlihat lebih seperti beberapa binatang laba-laba kotor dari beberapa McGee versi Amerika twisted.

Tanaman ini dari Arizona, di mana mereka digunakan oleh penduduk pribumi untuk menenun keranjang. Jenis Polong mengerikan yang dirancang untuk mengait pada kaki hewan yang lewat, yang kemudian akan menghisap binatang yang terjebak ke dalam tanah dan menghancurkannya sebelum tanaman ini memproduksi biji-bijian lalu melepaskanya dipermukaan

6.ANGGER PENSIL

Angger pensil (Vanda hookeriana) asal Sumatra adalah jenis anggrek yang langka. Anggrek yang banyak diminati para pencinta bunga itu hidup menumpang pada bunga bakung (Crinum asiaticum). Untuk mencegah kepunahan anggrek pensil, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu telah mencoba mengembangbiakkan anggrek ini. Ternyata anggrek tersebut dapat tumbuh subur di DDTS. Anggrek pensil memiliki keindahan yang khas. Kesegaran bunga ini dapat mencapai 22 hari. Pada tahun 1882 anggrek ini dinobatkan sebagai “Ratu Anggrek” dan mendapat hadiah “First Class Certificate” dari pemerintah Inggris. Kata sulitHabitat: tempat tinggal khas untuk hewan dan tumbuhan.Penangkaran: usaha pengembangbiakan hewan atau tumbuhan. 


7.EDELWEIS ANAPHALIS JAVANICA

Edelweis Anaphalis Javanica adalah tumbuhan gunung yang terkenal, tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian 8 m dan memiliki batang sebesar kaki manusia, tetapi tumbuhan yang cantik ini sekarang sangat langka. Edelweis merupakan tumbuhan pelopor bagi tanah vulkanik muda di hutan pegunungan dan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus, karena mampu membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu yang secara efektif memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akarnya dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara. Bunga-bunganya sangat disukai oleh serangga, lebih dari 300 jenis serangga seperti kutu, tirip, kupu-kupu, lalat, tabuhan dan lebah terlihat mengunjunginya. Jika tumbuhan ini cabang-cabangnya dibiarkan tumbuh cukup kokoh, edelweis dapat menjadi tempat bersarang bagi burung tiung batu licik Myophonus glaucinus. Bagian-bagian edelweis sering dipetik dan dibawa turun dari gunung untuk alasan-alasan estetis dan spiritual, atau sekedar kenang-kenangan oleh para pendaki. Pada bulan Februari hingga Oktober 1988, terdapat 636 batang yang tercatat telah diambil dari Gunung Gede-Pangrango. Dalam batas tertentu dan sepanjang hanya potongan-potongan kecil yang dipetik, tekanan ini dapat dihadapi. Sayangnya keserakahan serta harapan-harapan yang salah telah mengorbankan banyak populasi, terutama populasi yang terletak di jalan-jalan setapak. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa edelweis dapat diperbanyak dengan mudah melalui pemotongan cabang-cabangnya. Oleh karena itu potongan-potongan itu mungkin dapat dijual kepada pengunjung untuk mengurangi tekanan terhadap populasi liar. 

 8.PAKIS EKOR MONYET

Tanaman ini terbilang langka, sinonimnya cukup banyak yaitu pakis hanoman, pakis sun go kong, dll. Nama yang banyak disandangnya tidak lain disebabkan karena penampilan luar dari tanaman pakis ini sendiri. Tidak seperti tanaman lain yang berdaun, tanaman ini justru berbulu/berambut seperti monyet.
Perawatan tanaman ini berdsarkan sumber sumber yang saya baca tidak sulit, yang sulit budi-dayanya menjadikan tanaman ini langka dan banyak diburu oleh para kolektor tanaman langka. 

9. Tanaman Ahinahina (Silversword)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWFpp6QQVieRXenIz_woSU3CYtGEzIhofHu5Cxpr4DKOm8idW4wUO92p8hjGIE697qpAhqAS1fI5SLZm40cBVwoeMmv9rYxGZZ2ABs0lo4t97AMds_IrRfsnxP0M0yPuXoV91O00bL9yM/s320/ahi.jpg 
Merupakan tanaman yang dilindungi sejak tahun 1922, tumbuhan ini hanya tumbuh di daerah Alpine seperti Mauna kea, Mauna Loa dan Haleakala. Kulit keras dari tanaman ini membuatnya mampu bertahan di cuaca yang keras, seperti cuaca bersalju dan matahari terik.
Saat ini, Ahinahina berada dalam pembudidayaan karena populasi mereka terancam dari berbagai hal, antara lain meluasnya daerah gembala dan perusakan orang yang tidak bertanggung jawab.

0 comments :

Posting Komentar

Kritik semau anda, mohon gunakan tutur kata yang baik dan benar. Terima kasih.